Pages

Wednesday, September 19, 2012

Kyoto, Kota Seribu Kuil

Kemanapun kaki melangkah di kota Kyoto jepang, kita akan melihat kuil. Pantaslah kalau kota ini punya julukan "Kota Seribu Kuil". Uniknya sebagian besar kuil disana sudah berumur ratusan tahun.

Kuil Emas
Kuil emas adalah sebutan untuk kuil Kinkakuji atau Golden Pavilion Temple. Konon dinding kuil ini memang dibuat dari emas. Bangunannya tanpak berkilau dan sangat indah. Letaknya ditengah-tengah danau. Khabarnya, pengunjung yang bertemu atau melihat ular putih disana akan mendapat rezeki!

Kuil Kiyomizu Dera
Kuil Kiyomizu terletak diperbukitan yang berada disebelah timur Kyoto. Kuil ini dikunjungi banyak turis. Nama Kiyomizu berasal dari nama mata air suci. Mata air itu mengalir disekitar kuil. Untuk mencapai kuil, pengunjung harus melewati jalan menanjak dengan berjalan kaki. Sambil menapaki jalan yang menanjak para pengunjung bisa mampir ke toko souvenir yang berderet sepanjang jalan. 
Sebelum memasuki kuil, pengunjung bisa minta rezeki pada dewa uang. Caranya, dengan melempar uang ke kotak besar sambil berdoa pada dewa uang. Kotak itu terletak tepat didepan patung dewa uang. Kuil ini termasuk World Heritage lho!

Kuil Perak
Ada kuil emas, ada juga kuil perak. Kuil perak ini namanya Kuil Ginkakuji atau Jishoji. Letaknya juga di Kyoto. Sesuai dengan sebutannya bangunan kuil ini warnanya perak. Kuil ini dibangun pertama kali sekitar tahun 1460an. Sekitar tahun 1952 kuil ini dijadikan tempat bersejarah oleh menteri pendidikan di Jepang.

Selain kuil-kuil itu, masih ada lagi kuil lain yang tak kalah menarik. misalnya Istana Nijo. Disinilah pusat pemerintahan jepang saat Shogun pertama yaitu Tokugawa berkuasa. Selain kuil, di Kyoto kita juga bisa melihat bangunan tradisional Jepang.

No comments: