Pages

Wednesday, August 15, 2012

Rempah dan tanaman herbal yang berguna untuk kesehatan

Selain untuk memasak, bumbu yang terdapat di dapur juga berrguna untuk kesehatan. Banyak produk kesehatan mengkhususkan diri menggunakan bumbu sebagai bahan dasarnya.Dapat diolah secara sederhana dan langsung dapat digunakan. Bumbu apa sajakah yang dapat digunakan untuk kesehatan?

Kunyit (Curcuma domestica V.)
  1. Dapat digunakan untuk antiseptik. Saat kita terluka, ambil kunyit, cuci bersih, kunyah dan tempelkan pada luka, darah akan berhenti mengalir, jangan lupa ke dokter setelah itu.
  2. Dapat menghilangkan kolesterol jahat, menguatkan fungsi hati, memerangi depresi, dan membantu mengurangi berat badan.
  3. Kunyit juga dapat digunakan untuk mengurangi nyeri dan inflamasi yang terkait penuaan. Sebuah tim dari Universitas California,AS juga menemukan bahwa kunyit dapat menghalangi dan menghancurkan lendir membran dari otak yang dikenal sebagai pemicu penyakit Alzheimer.

Jintan Hitam (Nigella sativa) maupun Jintan Putih (Cuminum cyminum L.)
Merupakan tanaman herbal yang tergolong rempah. Jintan adalah tanaman herbal yang berkhasiat sebagai obat tradisional. Jintan hitam (Nigella sativa) bisa disebut habatussauda. Tanaman ini sudah tidak asing lagi dikalangan masyarakat, bahkan telah populer didunia. Sebagai tanaman herbal yang berkhasiat obat, jintan sudah banyak dipasarkan dimana-mana. Memiliki fungsi untuk daya tahan tubuh, merangsang produksi hormon, menjaga vitalitas tubuh.

Bawang Putih (Allium sativum)
Kandungan dalam bawang putih (allium sativum) dikenal bisa menghadang virus dan bakteri. Tak hanya itu, bawang putih (Allium sativum) dapat mengurangi kadar kolesterol dan membantu menurunkan tekanan darah. Penelitian di Jepang juga menemukan bahwa bawang putih (Allium sativum) memperlambat penuaan seiring dengan berkurangnya daya ingat.

Ginkgo (Ginkgo biloba)
Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa konsumsi ginkgo (Ginkgo biloba) dapat menambah aliran darah ke otak yang merupakan organ paling umum yang dipengaruhi oleh penuaan. Penelitian di Eropa menunjukkan konsumsi dari ginkgo dapat membantu orang yang mengidap penyakit Alzheimer dan Dimensia, sehingga orang akan lebih bersahabat dan waspada.

Peppermint (Metha peperita)
Dapat membantu proses pencernaan dan mengatasi masalah yang terkait penuaan. peppermint mengandung antioksidan. Kandungannya membantu mencegah kanker, penyakit jantung, dan penyakit lain yang terkait dengan penyakit penuaan.

Jahe (Zingiber officinale R.)
  1. WHO mencatat jahe merupakan tanaman obat-obatan yang paling banyak dipakai didunia.
  2. Jahe dapat merangsang kelenjar pencernaan untuk membangkitkan nafsu makan.
  3. Seduhan air jahe segar dapat mengatasi sakit kepala dan migren.


No comments: