Pages

Monday, August 27, 2012

Manfaat Buah-Buahan bagi Kesehatan

BUAH ALPUKAT
Alpukat termasuk buah yang istimewa karena mengandung lemak 20-30 kali lebih banyak dibandingkan dengan buah-buahan lainnya. kandungan lemak ini dapat memberi energi yang cukup ketika dikonsumsi. jenis lemak yang dikandungnya adalah lemak tak jenuh, yang kebetulan mudah dicerna dan berguna bagi tubuh. Dengan demikian, alpukat menyediakan energi yang cukup tinggibdibalik rasanya yang gurih dan lezat serta tidak pahit.
Selain kaya lemak, buah alpukat juga kaya akan mineral yang kesemuanya berguna untuk mengatur fungsi tubuh dan menstimulasi pertumbuhannya. Zat besi dan tembaga yang terkandung didalamnya membantu proses regenerasi darah merah dan mencegah anemia. Juga kandungan serat secara simultan membantu proses pencernaan. Selain itu, dapat menurunkan kadar kolesterol yang tinggi karena mengandung karbohidrat dan lemak jenuh.

BUAH ANGGUR
Buah ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan karena mengandung antioksidan dan serat yang tinggi sehingga dapat menjadi sumber energi yang menyegarkan dan berkhasiat mencegah penuaan dini. Selain itu, buah ini mengandung vitamin C, A, B(thiamin), E dan K(kalium). Vitamin C selain dapat menyehatkan gusi dan mulut (anti sariawan) juga mengandung antioksidan yang dapat menjaga imunitas tubuh. Selain dagingnya, biji buah anggur sebenarnya tidak kalah berkhasiat karena mengandung pycnogenol, penguat kolagen untuk kelenturan pembuluh darah. Sedangkan kulitnya kaya akan zat flavonoid yang berfungsi antioksidan. Manfaat lain dari mengkonsumsi buah anggur adalah untuk mencegah kanker colon atau kanker usus besar karena kandungan antioksidan dan serat yang tinggi.

BUAH BELIMBING MANIS
Buah belimbing manis memiliki khasiat sebagai antipiretik dan ekspektoran sehingga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi batuk pada anak-anak. Buahnyayang mengandung banyak vitamin C memiliki manfaat sebagai antiinflasi, analgesik, dan diuretik sehingga baik untuk penyembuhan batuk, sariawan, sakit tenggorokan, mengatasi demam, hingga mengatasi masalah kencing manis, dan kolesterol. Kandungan vitamin C nya yang tinggi juga baik untuk dikonsumsi penderita penyakit kanker. Akar belimbing manis juga berkhasiat untuk menyembuhkan sakit kepala dan nyeri persendian. Sedangkan daunnya dapat digunakan untuk mengatasi radang lambung, radang kulit bernanah, dan bisul. Meski banyak memberi manfaat bagi penderita penyakit ginjal harus berhati-hati dengan buah ini karena mengandung banyak asam oxalic yang berbahaya bagi mereka.

BUAH BLEWAH
Buah ini kaya akan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh bagi orang yang menjalankan puasa. Fruktosa dan glukosa yang terkandung dalam buah blewah merupakan gula sederhana. Blewah juga baik untuk mengusir asam urat, memelihara kesehatan jantung, paru-paru, pembuluh darah, dan penderita diabetes serta obesitas. Blewah merupakan sumber vitamin A dan betakarotennya merupakan jenis antioksidan yang dapat berperan penting dalam mengurangi konsentrasi radikal peroksil. Sedangkan kandungan vitamin A yang tinggi membuat buah ini baik bagi perokok aktif maupun pasif. Selain vitamin, buah ini juga kaya vitamin C dan vitamin B6. Selain itu gula alami dan enzim yang terkandung didalamnya mempunyai fungsi absorpsi atau penyerapan pada usus akibat makan tergesa-gesa. Sedangkan kandungan potasiumnya dapat menurunkan tekanan darah tinggi, mengurangi pembentukan plak di arteri, serta sebagai pencahar alami.

BUAH APEL
Mengurangi resiko stroke.
kalium merupakan mineral yang berfungsi untuk meningkatkan keteraturan denyut jantung, mengaktifkan kontraksi otot, mengatur pengiriman zat gizi ke sel-sel, mengendalikan keseimbangan cairan dalam jaringan dan sel tubuh,serta membantu mengatur tekanan darah. Menurut penelitian satu porsi buah apel mampu menurunkan resiko terkena stroke hingga 40%.
Alternatif makanan berenergi bagi pelaku diet dan mengontrol penyakit kencing manis.
Pektin dapat membentuk gel dalam usus sehingga waktu yang dibutuhkan sisa makanan untuk bergerak dari mulut ke anus menjadi lebih lama dan seseorang menjadi lebih lama merasa kenyang. Selain itu juga mampu memperlambat masuknya glukosa dari pencernaan karbohidrat ke aliran darah sehingga dapat mengontrol penyakit kencing manis.
Mengurangi resiko serangan jantung.
Pektin juga dapat mengikat berbagai zat termasuk kolesterol dan mengurangi penyerapan dari saluran usus. Bentuk serat ini dapat menurunkan tingkat kolesterol darah.
Membersihkan gigi.
rasa renyah apel dapat membantu melepaskan bahan-bahan yang lengket di gigi, sekaligus memicu pengeluaran air liur sehingga mampu membersihkan gigi.

No comments: