Pages

Tuesday, June 5, 2012

Google Kembangkan Mobil Tanpa Sopir

Untuk mendapat surat ijin mengemudi dan plat mobil, penduduk yang tinggal di Amerika hanya perlu datang ke DMV, Departemen Kendaraan Bermotor yang mengeluarkan SIM. Namun kali ini DMV di Nevada memberikan sebuah plat mobil unik kepada perusahaan Google. Google tengah menguji coba sebuah mobil teknologi tinggi di jalan raya yaitu mobil yang beroperaasi tanpa dikemudikan manusia.

Departemen Kendaraan Bermotor mengeluarkan SIM, atau DMV di Negara Bagian Nevada beberapa waktu lalu memberikan ijin yang unik kepada perusahaaan Google. Perusahaan itu sedang menguji coba sebuah terobosan baru, yaitu mobil tanpa sopir.

Negara bagian itu mengijinkan mobil tanpa sopir dioperasikan di jalan raya, dengan ketentuan, dua orang harus berada di dalam mobil tersebut. satu orang tetap harus dibelakang kemudi. satunya lagi di bagian penumpang saat uji coba itu berlangsung.

Juru bicara DMV Tim Jacobs mengatakan sistem rem, akselerasi dan kemudi mobil tersebut masih dalam proses penyempurnaan. Mobil tanpa sopir ini juga dapat dioperasikan secara manual. Cukup dengan menginjak pedal rem atau memutar setir

Bagaimana keamanan mobil itu tanpa pengemudi? Sebuah sensor dan kamera dipasangkan diatas mobil dan dibagian depan. Gunanya untuk mendeteksi jika ada pejalan kaki, pengendara sepeda ataupun mobil lain disekitar mobil uji coba itu, lalu mobil tersebut akan membuat jarak yang aman dan berusaha menghindari pejalan kaki atau mobil lain.

Google mempunyai delapan obil uji coba, termasuk mobil Toyota, Lexus dan Audy ini, berharap dapat memasarkan teknologi mobil tanpa pengemudi ini ke perusahaan pembuat mobil.

Mobil tersebut meggunakan perangkat lunak untuk mengoperasikan kendaraan, alat untuk menyensor jarak dan perangkat data GPS untuk menetapkan tujuan. sesuai dengan ijin laik jalannya yang unik, mobil itu pun memerlukan plat khusus yaitu plat berwarna dasar merah dan sebuah simbol tak terhingga atau "infinity" menyerupai angka delapan karena melambangkan mobil masa depan.

No comments: