Pages

Friday, September 21, 2012

Gac, Buah Dari Surga

Nama latin buah ini Momordica cochinchinensis. Kalau sehari-hari sebut saja buah Gac. sangat jarang terdengar ya?  Buah gac tidak asing lagi bagi masyarakat di Cina bagian selatan dan Vietnam. Sejak dulu masyarakat disana menggunakan gac dalam upacara tradisional. misalnya perkawinan dan tahun baru.
Selain itu buah gac juga dimakan sebagai buah dan campuran masakan. Bahkan buah ini juga sering dibuat jus. Gac digunakan untuk pengobatan tradisional, biasanya untuk mengatasi masalah kulit, mata, terkilir dan juga luka.
Masa panen gac terjadi pada bulan Desember sampai Januari. Buah-buah gac yang matang akan berwarna jingga kemerahan. panjang buahnya sekitar 13 cm dengan diameter sekitar 10 cm.


Ada julukan unik untuk buah gac. Buah dari surga! Sebab, buah gac disebut-sebut sebagai buah paling menyehatkan di seluruh dunia! Kandungan lycopene, beta-carotene, Vitamin C, dan zeaxantine dalam gac sangat tinggi.
Tubuh manusia membutuhkan lycopene dan beta-carotene. salah satunya untuk menyehatkan kulit. Beta carotene juga dibutuhkan untuk mengurangi resiko kebutaaan dan juga memperbaiki sistem imun tubuh kita. Sedang salah satu guna zeaxantine adalah untuk melindungi lapisan mata dari sinar ultraviolet.

Kehebatan Gac :
  • Mengandung lycopene 70x lebih banyak dari tomat.
  • mengandung beta-carotene 20x lebih banyak dari wortel.
  • Mengandung vitamin c 40x lebih banyak dari jeruk.
  • mengandung zeaxantine 40x lebih banyak dari jagung kuning.

No comments: