Pages

Tuesday, July 24, 2012

Penyebab Bayi Menangis ketika BAB

Jangan khawatir jika bayi anda menjerit, mengeluh dan ekspresi wajahnya berubah selama buang air besar. Hal ini belum tentu merupakan masalah medis yang berbahaya bagi bayi anda.
Tindakan buang air besar adalah hal baru bagi bayi anda, jadi reaksi tersebut wajar dilakukan oleh bayi anda. Ada beberapa kemungkinan mengapa bayi menangis ketika buang air besar.
Berikut kemungkinan penyebab bayi anda menangis saat buang air besar seperti dilansir dari onlymyhealth

1. Fungsi tubuh bayi belum sempurna
Buang kotoran sambil berbaring memang sulit karena memerlukan tekanan yang lebih banyak, sehingga kadang bayi akan menjerit dan menangis. Bayi tidak bisa duduk dan harus melakukan upaya ekstra untuk mengkoordinasikan otot-otot perut agar kotoran terdorong ke anus.
Karena fungsi tubuh bayi belum berkembang sepenuhnya, hal tersebut sangat sulit dilakukan. Oleh karena itu, bayi menangis ketika berusaha mendorong kotoran keluar menuju anus.

2. Bayi sembelit
Jika bayi anda menangis sambil berusaha mengeluarkan kotoran, mungkin juga dapat disebabkan karena sembelit. Dan jika tinja kering, berkerikil atau bayi tidak buang air besar selama beberapa hari, mungkin ini pertanda bayi anda sembelit.
Sembelit membuat bayi kesusahan untuk buang air besar dan menimbulkan rasa sakit. Untuk meredakan sembelit, tingkatkan jumlah asupan airnya. tambahkan sedikit gula dalam susu formula bayi untuk melunakkan tinjanya.Jika bayi anda berusia lebih dari empat bulan, anda mungkin dapat memberinya jus buah segar. Jika anak anda sudah mulai mengenal makanan padat, tambahkan makanan berserat tinggi seperti bayam, kacang polong, buah persik, pir dan plum dalam pola makannya. Apabila anda telah mencoba cara tersebut tetapi sembelit masih terusterjadi, segera hubungi dokter anak. Sembelit pada bayi terjadi jika bayi anda tidak mendapatkan pasokan cairan yang cukup dan juga dapat terjadi jika anda baru saja memperkenalkan makanan baru atau memberinya berbagai jenis susu formula.

3.Gassiness
Alasan lain yang membuat bayi menangis sambil buang kotoran adalah sakit gas atau gassiness. Gassiness pada bayi anda bisa jadi merupakan akibat dari ketidakmampuan untuk mencerna beberapa nutrisi yang diterima dari ASI, laktasi atau sindrom hiper, yaitu ketika ibu memiliki kelebihanpasokan susu.
Pemberian susu formula, sembelit dan infeksi gastrointestinal dapat menyebabkan bayi buang gas yang sifatnya sakit. gassiness pada bayi akan lega dengan bersendawa setelah bayi selesai minum susu, pijatlah perut bayi untuk melepaskan udara yang terjebak di perut dan berikan air adas manis. beberapa tetes air adas merupakan obat untuk mengurangi gas pada bayi.

1 comment:

Henny Faridah said...

Contentnya sudah cukup untuk blog gado-gado.

Saran aja, gmn kalo jumlah postingan di halaman utama dikurangai aja. terlalu panjang jadinya. Bisa juga menggunakan readmore... untuk mempersingkat post.

Mau dofollow backlink auto approve comment bisa kunjungi blog saya di:
List of Dofollow Backlink Auto Approve Comment

Mencari Informasi Lowongan Kerja terbaru di Kaltim. lihat aja di:
Lowongan Kerja Terbaru - Loker Kaltim

Peluang usaha bisnis online bersama HBR Online

Info blog keluarga di:
Henny FMH | Blog Keluarga | Keuangan - Pendidikan - Asuransi - Kuliner