Pages

Friday, June 8, 2012

Sushi Ala Belanda

Sebagai negara bekas koloni Belanda, tanpa disadari banyak menu makanan Indonesia yang mendapat  pengaruh dari nehgeri kincir angin. Bukan hanya kue panekuk dan pofferballen dan kroketten yang sudah akrab dilidah. 

Selain makanan di atas, masih banyak makanan-makanan khas Belanda lainnya yang pantang untuk anda lewatkan ketika anda berkunjung kesana. Antaralain patat-kentang goreng yang disiram saus mayones dan ikan herring(ikan mentah yang menjadi ciri khas makanan belanda).
 
Ikan herring yang dapat di temui di setiap sudut kota ini konon di tangkap di Laut Utara.hampir mirip dengan,  sushi di Jepang, ikan herring juga di sajikan tanpa di masak terlebih dahulu hanya direndam dengan air garam dan dibuang kepala dan tulangnya lalu disajikan mentah. Karena dimakan secara mentah maka dari itu ikan herring dijuluki sushi ala Holland.

Cara menikmatinya pun cukup unik, yaitu anda hanya perlu mengangkat ekornya, lalu mengangkatnya  dan memasukkan kepalanya ke dalam mulut anda dengan kepala menengadah.Unik dan memerlukan tantangan tersendiri agar ikan tidak berceceran.

Dalam sebuah situs disebutkan bahwa pembersihan ikan herring tidak boleh dilakukan sembarangan. Ada tehnik tersendiri yang digunakan. Bagian pankreas ikan sengaja tidak dikeluarkan. Konon tehnik yang membuat ikan herring menjadi lezat itu ditemukan oleh Willem Beukelszoon pada tahun 1380. Ikan herring juga mengandung omega-3 yang tinggi jauh lebih tinggi dari ikan Salmon.

Warga Belanda, khususnya warga kota Leiden memiliki kisah yang cukup bersejarah mengenai ikan herring. Konon oada tahun 1572 dengan dikomandoi Phillip IV tentara Spanyol mengepung kota Leiden. Pengepungan yang berlangsung selama 5 bulan ini membuat warga kota Leiden kelaparan. Namun Raja William Van Orange berhasil menumpas dan mengusir tentara Spanyol dan warga kota Leiden merayakannya dengan makan roti dengan herring. 

Sampai saat ini, setiap tanggal 3 Oktober warga Leiden masih memperingatinya dengan makan roti dan ikan herring bersama pada pukul 6 pagi di kantor balai kota.Dan hari itu pemerintah Leiden menyediakan roti dan herring mentah secara gratis untuk masyarakat.

Selain pada perayaan di bulan Oktober, atraksi makan ikan herring juga bisa disaksikan pada musim herring pada hari Sabtu di akhir bulan Mei yang disebut Vlaggerjesdag yang artinya Hari Bendera. Acara ini menarik bukan hanya untuk penduduk setempat tapi juga wisatawan mancanegara. maklum ada banyak pemandangan menarik dan memikat dengan kapal-kapal yang dihias bendera Belanda di pelabuhan Scheveningen dekat Den Haag, serta masyarakat sekitar yang memakai pakaian tradisional dan menari-nari diiringi musik tradisional setempat. Jika anda berlibur ke Belanda, pastikan anda mencicipi kelezatan ikan herring.

No comments: