Pages

Monday, September 10, 2012

Mengapa dokter bedah berpakaian warna hijau?

Pakaian dokter identik dengan pakaian berwarna putih. Karena warna putih akan melambangkan kebersihan. Namun seorang dokter bedah biasanya akan menggunakan pakaian warna hijau saat melakukan operasi.
Walaupun sulit dikonfirmasi mengapa warna hijau jadi populer karena alasan ini, hijau memang cocok bagi dokter untuk melihat lebih baik diruang pembedahan, karena hijau adalah lawan dari warna merah dalam roda warna.
Menurut seorang ahli psikologi, melihat warna hijau dapat menyegarkan mata ahli bedah dalam melihat benda-benda berwarna merah, termasuk organ tubuh yang berlumuran darah saat pembedahan. Melihat warna merah terus menerus menyebabkan sinyal warna merah di otak memudar sensifitasnya terhadap variasi warna merah.
Alasan lainnya adalah terus menerus berfokus pada warna merah akan menyebabkan ilusi nofa berwarna hijau pada latar warna berwarna terang atau putih. Ini akan mengganggu penglihatan dokter. Jika warna baju ahli bedah berwarna hijau, ilusi ini akan memudar dan tidak akan mengganggu penglihatan dokter.

No comments: