Pages

Monday, June 18, 2012

Wah ada stand Fauzi Bowo di Arena PRJ

Pekan Raya Jakarta (PRJ) atau Jakarta Fair yang digelar di Kemayoran, Jakarta Pusat, resmi dibuka pada Kamis (14/6/2012) kemarin. PRJ dibuka oleh Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono. Ribuan pengunjung pun langsung memadati berbagai stan yang menyajikan aneka produk.

Seakan tak ingin melewatkan kemeriahan acara yang pertama kali diselenggarakan tahun 1967 tersebut, hadir pula stan pasangan calon gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo dan calon wakil gubernur Nachrawi Ramli. "Iya, ini gabungan, dari pak Foke sama LKB (Lembaga Kebudayaan Betawi, sama Bamus Betawi (Badan Musyawarah Betawi) juga," ujar Andika, salah seorang penjaga stan.

Stan tersebut dibuat sedemikian rupa menyerupai teras depan rumah tradisional Betawi dengan warna kuning mendominasi. Tak lupa, dilengkapi pula dengan ornamen khas Betawi yang menghiasi setiap sudut stan sehingga menambah semarak perhelatan yang diikuti oleh 2.650 peserta tersebut.

Di atas stan, dipasang spanduk panjang dengan foto kedua orang tersebut di tiap ujungnya. Di stan milik pasangan cagub yang kini memasuki masa tenang sebelum kampanye tersebut, pengunjung dimanjakan dengan ketersediaan berbagai produk khas Betawi, mulai batik Betawi, cinderamata berbagai bentuk, hingga kuliner lezat, salah satunya adalah bir pletok, minuman kesehatan yang dibuat dari rempah-rempah.

Andika mengatakan, produk andalan yang ditawarkan kepada pengunjung selain kuliner khas, adalah batik bercorak khas Betawi. Di luar, ia beserta komunitasnya bisa melakukan pelatihan kepada siapa saja yang berminat membuat batik khas Ibu Kota tersebut. Namun sayang, karena keterbatasan tempat, stan di PRJ tersebut hanya memamerkan barang saja, tidak menggelar pelatihan pembuatannya.

"Biar punya gubernur juga kan terbatas tempatnya," ujarnya sambil tertawa.

No comments: