Pages

Thursday, June 21, 2012

Manfaat Buah Sawo

Selain rasanya manis dan beraroma khas, ternyata buah sawo mempunyai banyak manfaat. Buah sawo ternyata baik juga untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Maka tak heran, kini buah sawo makin banyak dijual dalam kemasan jus. Tak hanya itu, sawo ternyata juga bisa menyembuhkan beberapa penyakit.
Tanaman sawo (achras zapota) termasuk di dalam famili sapotaceae. Tanaman sawo hidup menahun, memiliki batang berkayu keras, dan percabangannya cukup rapat. Bunga sawo muncul dari ketiak-ketiak daun, sedangkan buahnya terbentuk menggantung pada tangkai buah.
Sawo memiliki daging buah tebal, mengandung banyak air dan bergetah. rasanya manis dan beraroma khas. Bijinya berbentuk bulat memanjang atau bulat pipih, hitam mengkilap, dan berkeping dua. Dari biji, dapat digunakan untuk perkembangbiakan secara generatif.
Namun demikian. khusus untuk tabulampot sawo sebaiknya anda untuk menggunakan bibit cangkok. Alasannya, umur panen relatif genjah, sekitar setahun bahkan bisa kurang. Sementara untuk bibit asal biji, akan berbuah sekitar 4-5 tahun.
 
Khasiat buah sawo lainnya:
Daun, untuk mengobati demam, sebagai obat luka dan borok. Bunganya, untuk ramuan rempah untuk wanita yang melahirkan. Kulitnya untuk obat diare dan demam.

Khasiat buah sawo untuk diare.
Ambil satu buah sawo muda, cuci sampai bersih. Sawo diparut, lalu diperas dan disaring. Bila perlu tambahkan sedikit air matang. Silakan minum 2x sehari. Bisa juga menggunakan daun sawo. Sediakan 1 mangkuk daun, lalu cincang dalam 2 gelas air bersih selama 15 menit. Air rebusan ini diminum 3x sehari. Selain itu gunakan lebih kurang 15 tetes getah buah muda, kemudian diseduh dengan 1/2 gelas air matang panas dan dicampur gula. Hasil seduhan diminum sekaligus.

Khasiat buah sawo untuk menyembuhkan radang mulut.
Ambil 1 mangkuk daun sawo lalu cincang dalam 2 gelas air bersih selama 10 menit. Pakai air hasil rebusan untuk berkumur.

Khasiat buah sawo untuk mengobati disentri.
Ambil 8 buah sawo muda, cuci bersih. Kunyah-kunyah halus dengan garam secukupnya. sedikit demi sedikit ditelan lalu minum air hangat. Lakukan 2x sehari hingga sembuh.

No comments: