Berapa rata-rata usia harapan hidup seseorang? 60 tahun, 70 tahun, atau malah kurang dari 50 tahun? Dr Mao, ahli kesehatan dari China, dengan tegas menyatakan harapan hidup setiap orang adalah 100 tahun! Bukan hanya menjalani seratus tahun dalam keadaan lemah dan sakit-sakitan, tetapi hidup sehat dan menikmati masa hidup yang panjang itu.
Jika ingin panjang umur dan sehat, Anda harus berani menjalankan gaya hidup sehat. Tak terlalu sulit kok, hanya saja membutuhkan konsistensi Anda untuk menjalankannya tanpa merasa bosan. Jika saat ini Anda terlanjur menjalankan gaya hidup tidak sehat seperti malas berolahraga, makan sembarangan, merokok, mengkonsumsi alkohol atau obat-obatan terlarang, Anda harus segera berubah. Tidak pernah ada kata terlambat untuk memulai.
Hanya diperlukan waktu 14 hingga 21 hari saja untuk menanamkan kebiasaan baru masuk ke dalam sistem otak Anda. Termasuk kebiasaan baik. Resep panjang umur ala Dr Mao mensyaratkan lima kebiasaan baik yang harus dilakukan secara rutin setiap hari.

Makan lima kali sehari. Umumnya, kita makan tiga kali sehari dalam jumlah besar. Idealnya, kita makan lima kali sehari, masing-masing dalam porsi kecil. Porsi makanan yang cukup namun sering, akan memberikan tambahan nutrisi, gula darah, dan energi ke tubuh secara stabil, sehingga metabolisme tubuh meningkat. Hal itu juga akan membantu meringankan proses pencernaan, serta mengurangi risiko serangan jantung.

Perbanyak kegiatan fisik. Sebisa mungkin gerakkan tubuh Anda untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Jika akan menuju tempat yang tidak terlalu jauh, usahakan berjalan kaki, atau bersepedalah. Kalau jarak yang ditempuh terlampau jauh, bolehlah menggunakan sepeda motor atau mobil.
Mulailah berolahraga. Tentu saja, pilihlah jenis olahraga yang Anda sukai agar Anda tidak merasakannya sebagai beban. Ada beberapa pilihan seperti joging, bersepeda, atau pergi ke pusat kebugaran bersama teman-teman.

Tertawalah. Hidup bahagia akan membuat hidup Anda lebih lama. Rasa bahagia akan merangsang produksi sel imun alami tubuh. Ini akan melindungi tubuh Anda dari risiko kanker atau penyakit lainnya. Tertawa juga merangsang produksi hormon endorphin, senyawa yang mengirimkan sinyal bahagia ke dalam otak Anda.

Minum delapan gelas sehari. Resep ini memang tak asing lagi bagi kita. Yang perlu diperhatikan, jangan sembarang air yang kita minum. Pastikan air yang kita konsumsi adalah air berkualitas. Yakni air yang bersmuber dari sumber air alami, jauh dari polusi, bahan kimia, dan racun. Pilihlah air yang telah disaring. Proses penyaringan yang paling efektif adalah penyaringan menggunakan arang, karena akan menghilangkan bahan polutan dalam air namun tetap mempertahankan mineral alami yang dikandungnya. Juga, hindari menyimpan air dalam wadah plastik, karena mungkin kandungan bahan kimianya akan ikut terlarut ke dalam air.

Hilangkan stres dengan meditasi. Stres merupakan sumber ketidakbahagiaan dan gangguan kesehatan. Akibatnya, akan memperpendek usia Anda. Atasi, atau paling tidak kuasai stress dengan meditasi. Meditasi merupakan salah satu cara paling efektif menghalau stres. Meditasi membantu Anda mengatur pernafasan, yang akan sangat membantu menghilangkan racun hingga 70 persen. Meditasi juga akan menenangkan pikiran, mengendurkan saraf-saraf yang terkena stres, melatih disiplin, dan membantu Anda mencapai hidup sehat dan panjang umur.
Dr. Mao menyarankan terapi meditasi bagi pemula. Caranya, duduklah di kursi atau di atas lantai dalam posisi paling nyaman. Bernafaslah secara teratur dan pejamkan mata. Pikiran apapun yang muncul di pikiran Anda, ‘letakkan ke dalam balon’ dan biarkan ‘balon-balon’ itu terbang. Setelah beberapa lama, Anda akan merasa tubuh Anda menjadi ringan, dan pikiran Anda menjadi tenang. Mungkin awalnya Anda merasa agak kesulitan sehingga membutuhkan banyak waktu untuk berkonsentrasi. Namun percayalah, semakin sering melakukannya, meditasi akan terasa mudah.