Pages

Wednesday, March 23, 2011

Orang Amerika Lebih Percaya Tuhan Dibanding Orang Kanada

Evolusi telah diterima sebagai fakta ilmiah selama sekitar satu abad, namun 14 persen dari Kanada percaya bahwa manusia diciptakan oleh Tuhan.
Namun, jumlah yang rendah dibandingkan dengan Amerika Serikat, di mana tiga kali lebih banyak orang percaya pada penciptaan.
Hal ini menurut sebuah jajak pendapat terbaru yang dilakukan oleh EKOS yang diukur Kanada sikap terhadap politik, ilmu pengetahuan dan agama. Data dibandingkan dengan survei yang dilakukan oleh Gallup di AS Desember lalu di mana pertanyaan serupa diminta.
"Perbedaan sistem kepercayaan merupakan salah satu faktor penting yang paling membedakan nilai-nilai Kanada dan Amerika, yang sebagian besar telah berkumpul selama 20 tahun terakhir," katapresiden Frank EKOS Graves . "Amerika jauh lebih mungkin peserta gereja dan untuk mendukung pandangan dunia yang lebih moralistik, maka semakin sosial pandangan konservatif tentang isu-isu seperti pernikahan sesama jenis, hukuman mati dan hak-untuk-kehidupan aborsi masalah."
Ketika ditanya apakah manusia berevolusi melalui seleksi alam, 58 persen dari Kanada yang disurvei menjawab tegas dibandingkan dengan hanya 16 persen orang Amerika.
Ketika ditanya apakah manusia berevolusi dengan bantuan dari bimbingan ilahi, 19 persen dari Kanada setuju dibandingkan dengan 38 persen orang Amerika.
Akhirnya, ketika ditanya apakah manusia diciptakan oleh Allah dalam 10.000 tahun terakhir, 14 persen dari Kanada setuju sementara 40 persen orang Amerika mengatakan ya.
"Amerika adalah gereja yang paling Christianised dan sering peserta dari semua masyarakat Barat maju," kata Graves.
Sementara 40 persen masih merupakan persentase besar, itu adalah terendah sejak sejarah Gallup tentang mengajukan pertanyaan. Jumlah responden AS yang percaya pada penciptaan dalam 10.000 tahun terakhir mencapai tertinggi pada tahun 1993 dan 1999 sebesar 47 persen. Jumlah orang Amerika memegang "evolusi sekuler" pandangan bahwa manusia diciptakan tanpa bantuan Allah adalah naik dari sembilan persen pada tahun 1982. Meskipun sedikit perubahan, struktur dasar kepercayaan tentang asal-usul manusia tetap sama sejak awal 1980-an.
Jajak pendapat Gallup menemukan pandangan berbeda-beda berdasarkan tingkat pendidikan dan religiusitas. Mereka yang memiliki pendidikan kurang lebih mungkin untuk memegang pandangan kreasionis dan satu pendidikan yang lebih memiliki, semakin besar kemungkinan ia percaya Tuhan tidak memiliki bagian dalam proses evolusi.
Di depan Kanada, jajak pendapat EKOS juga bertanya tentang sumber disukai orang akan bimbingan pribadi. Sementara 14 persen dari Kanada mengatakan mereka akan pergi melihat seorang imam, rabi atau pemimpin agama, 71 persen mengatakan mereka akan melihat seorang psikiater atau profesional lain.
"Selama 30 tahun terakhir religiusitas telah meningkat di AS," kata Graves. "Eropa dan Quebec pada dasarnya meninggalkan agama."

No comments: